Selasa, 22 Mei 2018

Agar Tetap Bugar di Saat Ramadan, Kerjakan 7 Trik Ini



Gaidofoundation - Meski kita sedang berpuasa, seharusnya tak boleh loyo atau malas-malasan dalam bekerja. Kita harus tetap semangat. Bahkan kalau bisa, kualitasnya semakin ditingkatkan karena mumpung di bulan suci di mana pahala setiap kebaikan akan berlipat ganda sepuluh kali lipat.
Berikut 7 trik atau tips agar kita tetap energik atau semangat bekerja selama bulan suci Ramadan ini:

1. Jangan lupa sahur
Ibarat sarapan, sahur merupakan kegiatan yang amat dianjurkan (meski bukan wajib) saat bulan Ramadan. Selain tubuh butuh asupan untuk siang hingga menjelang waktu berbuka puasa, sahur juga bernilai ibadah.




2. Berbuka dengan tenang
Jangan pernah makan dengan tergesa-gesa. Meskipun seharian sudah menahan lapar dan haus, kita harus mengingat kembali makna dari berpuasa. Sebaiknya Anda juga mengonsumsi buah kurma.
Buah kurma memiliki banyak manfaat di antaranya sebagai sumber energi, mencegah insomnia, juga dapat meningkatkan daya ingat dan kerja otak. Sehingga cocok segali bagi kita yang sibuk bekerja untuk mengonsumsi buah kurma setiap harinya.

3. Banyak minum air putih
Walau tak memiliki rasa, ternyata air putih memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan dan juga membangkitkan semangat serta kepercayaan diri. Karena khasiatnya ini, kita dianjurkan untuk mengonsumsi air putih delapan gelas perhari atau setara dua liter.
Bagaimana caranya minum 8 gelas air putih dalam sehari saat bulan puasa? Kita dapat membaginya menjadi dua waktu, empat gelas saat sahur dan empat gelas lagi saat berbuka.

4. Olahraga ringan
Kalau bulan puasa, kapan waktu yang tepat untuk berolahraga? Tak usah bingung, karena kita bisa melakukannya di malam hari, tak perlu lama-lama secukupnya saja. Kita bisa memilih waktunya, 15 menit sebelum berbuka atau 15 menit setelah berbuka.




5. Konsumsi 4 sehat 5 sempurna
Untuk memenuhi asupan tubuh, kita perlu mengonsumsi karbohidrat, lemak, protein, kalsium agar tetap terlihat segar meskipun sedang berpuasa.

6. Jaga pola tidur
Saat puasa, kita mungkin merasa kurang tidur karena harus terbangun saat sahur. Karena biasanya saat puasa pola tidur dan pola makan akan ikut berubah.
Tapi jangan jadikan hal tersebut sebagai alasan untuk kita tidak bersemangat menjalani hari. Pola tidur yang baik akan menunjang produktivitas dan ketahanan daya tubuh.

7. Konsumsi vitamin
Selama bulan puasa, penting untuk mengonsumsi vitamin yang bisa kita dapatkan dalam bentuk tablet di tokoh-tokoh penjual obat-obatan atau bisa bisa dari makanan yang kita asup ketika berbuka.
Dengan banyak vitamin yang kita makan, energi dalam tubuh kita pun bisa terjaga dengan baik sehingga kita pun selalu bisa menghiasi hari-hari Ramadan dengan penuh semangat.
Demikian tujuh tips agar kita tetap energik selama bukan suci Ramadan. Kita bisa mencobanya.

Tidak ada komentar:
Write komentar

Profil

Profil
M. Hasan Gaido, Ceo Gaido Group

Trending Topic

Translate